header-int

Sejarah Singkat STIKes Prima Indonesia

Posted by : Administrator
Share

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Prima Indonesia atau STIKes Prima Indonesia merupakan perguruan tinggi yang didirikan oleh Yayasan Ananda Prima Indonesia pada 31 Juli tahun 2015. STIKes Prima Indonesia berlokasi di Jl. Raya Babelan KM 9,6 Kebalen, Kabupaten Bekasi. Yayasan Ananda Prima Indonesia yang didirikan pada 23 Mei 2005, memulai unit bisnisnya dengan mendirikan Rumah Sakit Ananda yang mulai didirikan pada awal tahun 2002 berdasarkan surat keputusan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat No.503/SK.214- RS/2001 junto 445.1/001/Kes.3/II/2007, merupakan pengembangan dari sebuah klinik spesialis yang telah berdiri sejak tahun 1994. Karena dari tahun ke tahun Klinik Spesialis Ananda mendapat sambutan positif dari masyarakat Bekasi, khususnya Bekasi Barat, maka Pimpinan Yayasan Ananda berupaya untuk meningkatkan statusnya menjadi sebuah Rumah Rakit Umum yang kini bernama Rumah Sakit Ananda.

     Selain bergerak di rumah sakit, Yayasan Ananda Prima Indonesia juga bergerak dibidang pendidikan dengan mendirikan Akademi Kebidanan dengan nama Akademi Kebidanan Prima Indonesia yang didirikan pada tanggal 22 Desember 2006. Seiring dengan kemajuan yang dicapai, pada tahun 2014 Yayasan Ananda Prima Indonesia mengembangkan juga lembaga pendidikan tingkat menengah atas yaitu Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan Prima Indonesia yang memiliki 3 bidang keahlian yaitu farmasi, analis kesehatan dan keperawatan. Dengan respon yang positif dari masyarakat sekitar dan untuk meningkatkan mutu pendidikan di bidang kesehatan maka pada tanggal 31 Juli 2015 berdasarkan keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 462/M/Kp/VII/2015 diresmikanlah STIKes Prima Indonesia yang memiliki dua jurusan yaitu Sarjana Farmasi dan Diploma Tiga Teknologi Laboratorium Medis.

Pada tahun 2018 STIKes Prima Indonesia melakukan penyatuan institusi sesuai dengan Keputusan Menteri Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor: 751/KPT/I/2018 tentang izin Penyatuan Akademi Kebidanan Prima Indonesia di Kota Bekasi ke Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Prima Indonesia di Kabupaten Bekasi yang dimana sama- sama bernaung di Yayasan Ananda Prima Indonesia. Pada Tahun 2018 STIKes Prima Indonesia akhirnya memiliki tiga program studi yaitu Diploma Tiga Teknologi Laboratorium Medis (TLM), Program Studi Sarjana Farmasi dan Program Studi Diploma Tiga Kebidanan.

Dari perspektif sejarah ini, STIKes Prima Indonesia telah tumbuh secara progresif menjadi sebuah institusi yang mengarah menjadi perguruan tinggi yang melaksanakan kegiatan pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan menyeimbangkan nilai-nilai Profesionalitas, Rasional, Integritas tinggi, Amanah dan Mandiri (PRIMA). Melalui kelebihan-kelebihan ini, STIKes Prima Indonesia berniat untuk menghasilkan tenaga kesehatan yang unggul, berakhlak mulia dan berdaya saing tinggi.

stikespi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Prima Indonesia, Mencetak tenaga kesehatan yang beraklak mulia, unggul dan berdaya saing di Jawa Barat pada tahun 2030.
© 2022 STIKES PRIMA INDONESIA || UPT_IT Follow Sosial Media STIKes Prima Indonesia : Facebook instagram Youtube Whatsapp