Mahasiswa mengambil peran sentral dalam kehidupan STIKes Prima Indonesia. Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab bagi STIKes Prima Indonesia sebagai sekolah tinggi ilmu kesehatan di Indonesia untuk dapat mencetak lulusan yang berkualitas dan dapat berkiprah baik di tingkat nasional maupun internasional. Bagaimana proses untuk membentuk mahasiswa berkualitas merupakan salah satu ukuran keberhasilan suatu sekolah tinggi ilmu kesehatan.

STIKes Prima Indonesia memiliki komitmen tinggi untuk memfasilitasi tumbuh berkembangnya berbagai aktivitas kemahasiswaaan yang mampu menunjang prestasi akademis. Aktivitas kemahasiswaan dapat di bidang seni, olahraga, dan kelompok-kelompok studi lainnya. Kegiatan diluar ruang kelas telah menjadi bagian integral STIKes Prima Indonesia untuk menghasilkan manusia yang siap berkompetisi di era globalisasi.

Dalam bagian ini akan disajikan informasi tentang Unit Kegiatan Mahasiswa di berbagai bidang peminatan. Selain itu juga, STIKes Prima Indonesia memiliki kebijakan untuk menumbuhkembangkan kemandirian pengelolaan organisasi mahasiswa. Organisasi kemahasiswaan merupakan laboratorium dunia nyata dimana mahasiswa nantinya akan masuk setelah mereka menyelesaikan masa studinya di STIKes Prima Indonesia. Oleh karena itu, otonomi dan kemandirian pengelolaan organisasi dilihat sebagai bagian dari proses pembelajaran berbasis pengalaman yang sangat berguna bagi para mahasiswa.